Sunday, November 18, 2012

Webmaster Tools

Ini beberapa Webmaster Tools mudah - mudahan bisa mempermudah kita dalam membuat blog ataupun website.

Bukan suatu keharusan, tapi menambahkan sebuah website atau blog ke dalam Webmaster Tools sangat penting untuk dilakukan. Sesuai dengan namanya, Webmaster Tools merupakan media bagi para pemilik atau pembuat website/blog untuk mengelola dan mengoptimasi blog miliknya. Dan pada kesempatan ini, kita akan berkenalan dengan Google Webmaster Tools yang sangat direkomendasikan untuk kita sebagai pemilik blog di blogspot.

Berikut beberapa hal yang bisa kita dapatkan dengan menambahkan website atau blog kita ke Google Webmaster Tools:

  • Kita bisa mendapatkan verifikasi atas kepemilikan sebuah website atau blog berdasarkan akun email di Gmail yang kita miliki.
  • Kita bisa mendapatkan informasi seputar cara Google meng-crawls, meng-index ataupun memberi rangking kepada website atau blog kita.
  • Kita bisa mengetahui seberapa banyak orang menemukan keyword kita di Search Engine berdasarkan impressions serta berapa banyak orang mengunjungi blog kita yang ditunjukkan dengan klik pada keyword artikel kita.
  • Kita akan mendapatkan pemberitahuan via inbox jika ada sesuatu seputar blog kita, semisal terdeteksi malware atau lainnya.
  • Google Webmaster Tools akan meng-track semua website yang menambahkan link ke blog kita, lengkap dengan detail link url yang dimaksud.
  • Dengan menambahkan website atau blog kita ke Google Webmaster Tools, maka kemungkinan konten kita akan cepat terindex akan lebih besar. Hal ini dimungkinkan dengan fitur penambahan sitemap ke Google webmaster Tools.
  • Dan masih banyak manfaat lainnya untuk optimasi website atau blog kita.
Menambahkan Blog ke Google Webmaster Tools
Bagi kita yang ngeblog di blogspot, menambahkan blog ke Google Webmaster Tools akan terasa lebih mudah dan secara otomatis akan terverifikasi, baik dengan menambahkan meta Tag ataupun tidak. Silahkan kunjungi halaman Google Webmaster Central untuk menambahkan website atau blog ke Google Webmaster Tools.

Format Sitemap untuk Blog pada Blogspot
Untuk menambahkan sitemap pada Google Webmaster Tools, cukup dengan memasukkan alamat feed default blog kamu dengan format:
http://nama-blog-kamu.blogspot.com/feeds/posts/default
Link Bantuan Google Webmaster Tools

0 comments:

Post a Comment